Rapat sebelum SAS
Surabaya, 3 Juni 2025 – SMK PGRI 1 Surabaya telah menyelenggarakan Sumatif Akhir Semester (SAS) Genap yang dimulai pukul 07.00 yaitu pengarahan yang menyeluruh menjelang pelaksanaan SAS. Kegiatan SAS ini akan berlangsung mulai hari ini, 3 Juni, hingga 13 Juni 2025. Pengarahan pada pagi ini bertujuan untuk memastikan kelancaran dan ketertiban selama ujian, serta memberikan informasi penting kepada seluruh siswa, panitia, dan pengawas.
Pengarahan ini dibuka langsung oleh kepala SMK PGRI 1 Surabaya, Bapak Kustiono, ST., M.M. SAS tahun ini dijadwalkan berlangsung selama 11 hari efektif, yaitu dari tanggal 3-13 Juni 2025 dan sesuai Jadwal tanggal 6-7 Juni 2025 libur Idul Adha 1446. Selama periode ini, siswa akan mengikuti ujian dengan disiplin tinggi, karena periodi ini adalah periode kenaikan kelas. Maka ketika pengarahan Bapak Supriyadi, S.S. mengingatkan untuk menjaga kesakralan ujian, dan bila ada siswa yang remedial untuk menemui Bapak/Ibu guru yang bersangkutan setelah selesai ujian.

Pada kegiatan SAS ini, seluruh peserta ujian menggunakan Handphone/ Smartphonnya masing-masing, mereka memasukkan login sesuai username dan password yang ada di kartu ujian guna untuk mengakses dan mengerjakan soal. Setelah setiap mata pelajaran selesai, dilanjut proses koreksi akan langsung dilakukan oleh bapak/Ibu pengajar. Bapak/Ibu Panitia akan memberikan link koreksi.
Demi menjaga kekhidmatan ujian, ketertiban siswa menjadi perhatian utama. Para pengawas akan bertugas penuh untuk memastikan suasana kondusif di dalam kelas. Siswa tidak diperkenankan keluar ruangan kecuali dalam kondisi mendesak dan tidak riskan. Panitia dan guru juga diimbau untuk saling mengingatkan mengenai jadwal pengawasan agar tidak terjadi kekosongan pengawas.
Adapun aturan penting diberlakukan selama SAS. Peserta ujian dilarang berpindah tempat karena nomor meja sudah ditentukan. Pada hari pertama, peserta yang terlambat akan mendapatkan toleransi. Namun, pada hari kedua dan seterusnya, peserta yang terlambat lebih dari 15 menit tidak diizinkan mengerjakan soal. Bagi peserta yang tidak memiliki kartu ujian, akan dikumpulkan di hall untuk penanganan lebih lanjut.
Siswa dengan ponsel Apple atau ponsel rusak dapat menggunakan fasilitas di ruang lab, namun proses absensi tetap dilakukan di ruangan ujian masing-masing.

Setelah peserta ujian selesai mengerjakan soal, mereka menerima program Makan Bergizi Gratis (MBG) dari pemerintah. Makanan ini dibagikan kepada siswa kelas X pada pukul 09.45 WIB dan akan dibagikan ke kelas XI pada pukul 12.45 WIB. Bapak/Ibu pengawas diharapkan tetap berada di kelas selama pembagian MBG berlangsung.
Selanjutnya, dukungan teknis juga disiagakan untuk memastikan kelancaran ujian berbasis komputer Smartphone ini. Pada hari pertama, seluruh teknisi wajib stanby di depan kelas.

Pada hari kedua dan seterusnya, teknisi diberi kebebasan posisi namun wajib memberitahukan lokasi dan aktif di grup WA untuk berkomunikasi pada peserta ujian
Pada SAS ini diketuai oleh bapak Rachmat Utomo, M.Pd, Sekretaris, Ibu Titiksari, S.Pd., Proktor,, Bapak Dwi Ariyadi, ST., M.M. Adapun pembagian kelas untuk teknisi adalah sebagai berikut: Pak Sunaryo: TITL 1, TITL 2, TPM 1, Bu Santi: TPM 2, TKR 1, Pak Rahim: TKR 2, TSM 1, Dan Pak Andri: TSM 2, TSM 3. Jika ada siswa yang memerlukan akses ke lab karena masalah ponsel (Apple/rusak), mereka dapat berkoordinasi terlebih dahulu dengan Bapak Dwi Ariyadi.

Pada Pelaksanaan SAS ini dibagi menjadi dua sesi utama, Sesi 1 (Kelas X): Pukul 07.30 – 10.00 WIB, menggunakan 14 ruangan (Ruang Gambar, Ruang 1, Ruang 2, Ruang 3, Ruang Lab, Ruang 5, Ruang 6, Ruang Otomotif, Ruang 7, Ruang 8, Ruang 9, Ruang 10, Ruang 11, dan Ruang 12). Adapun Sesi 2 (Kelas XI): Pukul 10.30 – 13.00 WIB, menggunakan 8 ruangan (Ruang Gambar, Ruang 1, Ruang 2, Ruang 3, Ruang Lab, Ruang 5, Ruang 6, dan Ruang Bengkel Otomotif).
Penting untuk dicatat bahwa di Semester Genap ini ada empat kelas XI, yaitu XI TITL 1, XI TPM 2, XI TKR 2, dan XI TSM 2, saat ini sedang menjalani program magang di industri dari bulan Mei hingga Agustus 2025. Untuk mengakomodasi mereka, telah diberikan kelonggaran untuk mengerjakan ujian SAS pada pukul 15.30 – 20.30 WIB.
Adapun media yang digunakan pada SAS Genap ini, bagi kelas X berpaduan antara smartphone untuk mengerjakan soal pilihan Ganda (PG) dan kertas LJK untuk mengerjakan soal uraian. Adapun untuk kelas XI yang sebagian magang diindustri, mereka mengerjakan soal PG dengan menggunakan Exam View dan soal uraian memakai Google form.
Dengan persiapan matang dan koordinasi yang solid, SMK PGRI 1 Surabaya optimis pelaksanaan SAS tahun ini akan berjalan lancar dan sukses, menghasilkan evaluasi yang akurat terhadap capaian belajar siswa.
JADWAL SAS GENAP KELAS X
JADWAL SAS GENAP KELAS XI
FOTO KEGIATAN




































1 thought on “Pelaksanaan SAS Tahun 2024-2025”