19 Juli 2024

Selayang Pandang

SMK PGRI 1 Surabaya adalah sekolah swasta yang berdiri di bawah naungan Yayasan  Pembina  Lembaga Pendidikan Dasar dan Menengah Persatuan Guru Republik Indonesia Jawa Timur cabang Kota Surabaya (YPLP Dasmen PGRI Jatim). YPLP Dasmen PGRI Jatim cabang kota Surabaya merupakan sebuah organisasi yang menampung aspirasi dari para guru.

SMK PGRI 1 Surabaya berdiri sejak 1978. Hingga sampai sekarang, SMK PGRI 1 Surabaya memiliki empat konsentrasi keahlian yaitu teknik instalasi tenaga listrik, teknik pemesinan, teknik kendaraan ringan, dan teknik sepeda motor.  SMK PGRI 1 Surabaya beralamat di Jln. Jemursari VIII nomor 120 Surabaya.

SMK PGRI 1 Surabaya pada tahun ajaran 2023-2024 mulai melaksanakan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka ini dilaksanakan hanya di kelas X. SMK PGRI 1 Surabaya masih dalam kategori mandiri berubah untuk implementasi kurikulum merdeka. Dalam pelaksanaanya, SMK PGRI 1 Surabaya menerapkan prinsip-prinsip kurikulum merdeka sesuai dengan dasar-dasar hukum yang ditetapkan oleh pemerintah.

Salah satu penerapan kurikulum merdeka yaitu pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau disebut P5. P5 memiliki dimensi pancasila seperti beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Proses pelaksanaan P5, pendidik atau fasilitator tidak hanya menstranfer ilmu kognitif dan afektif kepada peserta didik. P5 menekankan pembentukan nilai-nilai karakter yang akan berguna bagi peserta didik ketika hidup bersosialisasi.

Pelaksanaan P5 ini dilaksanakan berdasarkan surat keputusan Nomor: 0166/E.8/SMK-PGRI-1/X/2023 yang sudah dibentuk oleh Ibu kepada SMK PGRI 1 Surabaya Dra. Dwitanti Nuzululliana, MM. Pelaksanaan P5 juga dibantuk oleh beberapa pendidik sebagai tim fasilitator untuk mensukseskan kegiatan P5. Tema yang diambil dalam kegiatan P5 yaitu kebekerjaan, bangun jiwa raganya, dan gaya hidup berkelanjutan.

  Hasil dari kegitian P5 ini memanglah penting, namun yang utama adalah proses pembentukan karaker yang dilakukan oleh peserta didik dalam mengerjakan suatu projek. Peserta didik akan merasa bebas dan leluasa dalam mengatur ruang dan waktu untuk menyelesaikan sebuah projek P5 yang ditentukan oleh SMK PGRI 1 Surabaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

https://iso-hoankiem.gov.vn/qlqtmedia/?login=pulsa88 https://iso-hoankiem.gov.vn/qlqtmedia/?login=mpoid https://smkpgri1surabaya.sch.id/ppdb/vendor/?ppdb=tron4d