Yuk Menjadi Pahlawan di Masa Depan

Hari ini Kamis, 10 November 2022. Langit cerah, para pelajar memakai baju pahlawan, begitu juga bapak ibu gurunya. Di sekolah kami, SMK PGRI 1 Surabaya bapak/ ibu guru dan karyawan memakai batik PGRI putih hitam dan para siswa menggunakan batik khas PGRI berwarna merah. Mereka berkumpul di halaman sekolah untuk mengikuti upacara Hari Pahlawan 2022. Adapun tema Hari Pahlawan tahun ini adalah “Pahlawanku Teladanku.”

Kakak OSIS SKAGRISA beberapa hari sebelumnya sudah berlatih untuk kesuksesan upacara hari ini. Adapun yang menjadi petugas upacara yaitu: Ahmad Gusti X TKRO 1 sebagai pemimpin upacara, Armanda Putra K, Jagat Agung dan Sahrul Anas dari X TITL 1 mereka sebagai petugas pengibar bendera, Pembacaan UUD 45 adalah Selamet Prastyo juga kelas X TITL 1 dan pembacaan doa yaitu Alfi.

Pagi yang indah, cahaya mentari yang awalnya panas menjadi teduh. Para bapak dan ibu guru sudah siap berbaris, dan memberi semangat dan teladan pada putra putrinya. Pukul 07: 25 WIB, upacara pun dimulai.

Karena dengan waktu yang sama Ibu kepala Sekolah ada pelatihan di Malang. Maka pada kesempatan ini yang menjadi pembina upacara adalah Waka Sarpras Ibu Yayuk, M.Pd sudah siap memberi amanat kepada peserta upacara.

Musik instrumen lagu Indonesia Raya pun berbunyi, para peserta upacara melagukan dalam hati. Mereka meresapi, dan memaknai kalimat perkalimat dengan sepenuh hati.

Begitu juga saat Mengheningkan cipta, Ibu Yayuk, M.Pd. sebagai pembina upacara memberi instruksi. “Untuk arwah para pahlawan Indonesia yang mendahului kita, semoga ditempatkan yang terbaik di sisi-Nya. Mengheningkan cipta dimulai!”

Alunan musik mengheningkan cipta mengiringi gemuruh hati mereka, “Dengan seluruh angkasa raya memuji/ Pahlawan Negara/ Nan gugur remaja diribaan bendera/ Bela nusa bangsa/ Kau kukenang wahai putra bangsa/ Harga jasa/ Kau cahya pelita/ Bagi Indonesia merdeka.

Selanjutnya pembacaan Teks Pancasila dipimpin oleh pemimpin upacara, semua peserta upacara mengikutinya. Kemudian dilanjut pembacaan Pembukaan UUD 45 yang dibacakan oleh Selamet Prastyo dari kelas X TITL 1.

Semua peserta upacara disiapkan oleh pemimpin upacara, agar mereka semua siap menerima amanat dari pembina upacara. Ibu Yayuk, M.Pd. pun membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Ibu Tri Rismaharini dalam rangka Hari Pahlawan tahun 2022. 

“Dari Aceh hingga Papua, saya melihat dan merasakan geliat serta semangat untuk bangkit dan menyala. Masyarakat dimanapun berada, menyuarakan gairah untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dalam arti yang luas. Mulai dari meningkatkan pengetahuan, melatih keterampilan, sampai dengan budi daya dan pengelolaan hasil bumi. Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi para Pejuang Muda untuk mengelola kekayaan alam Indonesia yang luar biasa bagi kejayaan Bangsa dan Negara tercinta.Mari kita merajut kesejahteraan menjadi Pahlawan di Masa Depan.”

“Teladan dari para Pahlawan Bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat kita di Peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Pahlawanku Teladanku. Dengan semangat Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, peringatan Hari Pahlawan diharapkan dapat terus memberi energi tambahan untuk menggunggah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat. Jangalah kita mau dipecah belah, ingatlah seloka Bhineka Tunggal Ika. Pahlawan akan menjadi teladan bagi kita, mengarungi masa-masa penuh tantangan. Teladan bagi kita menata masa depan dan menjadi pemenang.”

Acara demi acara kami lewati kegiatan upacara Hari Pahlwan di tutup dengan doa dibacakan oleh M. Alfi S. dari X TITL 2.

Sumber Bacaan: Pedoman Hari Pahlawan Tahun 2022, Kementerian Sosial Republik Indonesia

***

Surabaya, 10 November 2022

Keluarga Besar SMK PGRI 1 Surabaya mengucapkan,
"Selamat Hari Pahlawan Tahun 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *