UPACARA HARI SUMPAH PEMUDA 2022
OSIS SMK PGRI 1 SURABAYA
TP. 2022-2023

Hari ini Jum’at, 28 Oktober 2022. OSIS SMK PGRI 1 Surabaya, melaksanakan kegiatan Upacara “Hari Sumpah Pemuda”.Ā  Sinar mentari bersinar terang, semilir pelan angin menggerakkan daun-daun pepohonan nan hijau di halaman sekolah bergerak pelan, mengiringi langkah mereka dalam mengikuti kegiatan upacara ini sampai selesai.

Pukul 07:00 WIb Bel masuk sekolah telah berbunyi, para siswa menuju ruang kelasnya masing-masing. Lima belas menit, informasi akan adanya Upacara Hari Sumpah Pemuda pagi ini diinformasikan lewat center diruang guru. Semua kelas yang masuk pagi ini turun menuju ke lapangan untuk bersama mengikuti upacara Hari Sumpah Pemuda, setelah para siswa baris rapi kakak petugas upacara dari OSIS memasuki lapangan, begitu juga bapak ibu guru dan karyawan SMK PGRI 1 Surabaya baris di depan dan belakang siswa.

Dalam beberapa menit situasi hening, petugas upacara menyiapkan peserta upacara, dan upacara pun dimulai. Semua peserta upacara menyanyikan Lagu Indonesia dalam hati dan iringi musik akustik Lagu Indonesia Raya, selanjutnya Mengheningkan cipta dipimpin oleh Pembina Upacara yakni Ibu Kepala SMK PGRI 1 Surabaya, Ibu Dra. Dwitanti Nuzululliana, MM., seluruh peserta upacara khusuk dalam do’a.

Begitu juga saat pembacaan teks Pancasila yang dipimpin oleh Ibu Kepala Sekolah, seluruh peserta semangat dan lantang dalam mengucapkan 5 sila tersebut.Ā  Acara dilanjut pembacaan Teks UUD 1945 yang dibacakan oleh Jagat Agung Wira P dari kelasĀ  X TITL 1, dan pembacaan Teks Sumpah Pemuda dibacakan oleh M. Aljabbar Jihat F juga dari kelas X TITL 1.

“Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia. Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa peratuan, Bahasa Indonesia”.

Ibu kepala sekolah memberi amanat sesuai teks Menteri Pemuda dan Olahraga RI Tahun 2022. “Pada hari ini 28 Oktober 2022 kita bersama memperingatiĀ  Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa”. dalam hal ini kita berupaya menhadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari dan ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar. Sumpah Pemuda 28 OktoberĀ  1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaiamana menyikapi perbedaanĀ  suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

“Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan. Peran Pemuda dalam melopori membangun visi kemerdakaan dengan sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran Pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.”

Alhamdulillah acara demi acara dilalui dengan baik dan tertib, upacara ini diakhiri dengan pembacaan do’a yang dibacakan oleh saudari Irine Damayanti kelas XI TITL 1.Ā 

Keluarga Besar SMK PGRI 1 Surabaya Mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda yang ke-94. Mari kita bersama Bersatu Membangun Bangsa!. (Him)