WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA (IKM)

Pada hari ini Sabtu 27 Agustus 2022, SMK PGRI 1 Surabaya Tahun Pelajaran 2022/2023 mengadakan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), di Hotel IBIS STYLE Jemursari lt. 11. Kegiatan ini diikuti oleh semua Bpk/Ibu Pendidik dan Tendik SMK PGRI 1 Surabaya, dimulai pukul 07:30 WIB sampai selesai.

Ibu Kepala SMK PGRI 1 Surabaya, Dra. Dwitanti Nzulullliana, M.M. dalam workhsop ini memberi sambutan, “Memang kita mau tidak mau tahun depan, pada tahun 2024 kita menggunakan Kurikulum Merdeka, walaupun sekolah sekarang masih mengikuti pilihan kebijakan pemerintah (memakai Kurikulum Merdeka Belajar). Workshop hari ini mempersiapkan agar diwaktunya kita sudah siap semuanya, kita hari ini pembahasan tentang Kurikulum Merdeka sampai Projek Profil Pancasila. Silahkan bapak/ibu guru ilmu hari ini serap dengan baik dan tanyakan mumpung ada Bpk. Gunawan dan Bpk. Salam.”

Sambutan dari Bpk. Drs. Abdus Salam, M.M. (Pengawas Sekolah dari Dinas Provinsi Jawa Timur). Beliau menyampaikan “Kita hari ini Tolabul Ilmi, menuntut ilmu kapanpun dan dimanapun. Mumpung ada Bpk. Gunawan sebagai Narasumber, Bpk/Ibu Guru bisa mengupas tuntas Kurikulum Merdeka, sehingga nantinya bisa memberi manfaat bagi sekolah dan diamalkan sebaik-baiknya karena ada istilah guru itu masuk surga lebih dahulu. 

“SMK PGRI 1 Surabaya memberanikan diri untuk mendaftar Mandiri Belajar, ini merupakan suatu hal yang luar biasa, karena dari pusat tidak anjuran. Tapi Provinsi Jawa Timur, menginstruksikan kepada Bpk/Ibu Pengawas sekolah binannya dianjurkan mendaftar dan SMK PGRI 1 Surabaya memilih pilihan satu. Pilihan satu, dua sampai ketiga harus kita lalui, dari Mandiri Belajar, kemudian Mandiri Berubah dan Mandiri Berbagi.” Beliau juga berpesan di Kurikulum ini Bpk/Ibu Guru kita mengajar diusahakan siswa merasa sengang, kalau sudah merasa senang mereka menerima pelajaran akan mengena”

Selanjutnya, Materi IKM disampaikan oleh Bpk. Drs. Gunawan, M.Si. Sebelum materi disampaikan ada ice breaking “Paradigma Vs Persepsi”, Bpk/Ibu Guru di sodorkan beberapa gambar dan pertanyaan, dan membuat suasana memanas. Begitu juga saat Materi Capaian Pembelajaran (CP), sangat meriah. Saat Break pertama Pemateri menyangkan Vidio “Apa itu Kurikulum?” yang disampaikan Ibu Idje Chodijah tentang Kurukilum Merdeka yang sudah familar di Youtobe. Kegiatan Workshop diakhiri Materi dan Pembuatan Modul yang berdasarkan dari Kep.BSKAP No-033_H_KR_2022-tentang Capaian Pembelajaran.