Pada hari Selasa, 30/08/2022 adalah hari kedua pelaksanaan Assessmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SMK PGRI 1 Surabaya. Sekolah memilih sesi 1 yaitu tanggal 29-30 Agustus 2022. Sesuai pelaksanaan gladi bersih kemarin 22-23/08/2022, peserta ANBK berjumlah 45 peserta didik sebagai peserta utama dan 5 peserta didik sebagai peserta ANBK cadangan yang nama-namanya dipilih secara acak oleh dapodik dari pusat.
Panitia ANBK
Dalam pelaksanaannya sekolah membuat tim ANBK atau yang lebih dikenal dengan panitia pelaksana. Dalam suksesnya suatu kegiatan pasti ada dan harus ada panitia. Panitia ini bertanggung jawab dan melaksanakan sesuai tugasnya sesuai tupoksinya masing-masing, dari sebelum dan sampai kegiatan itu selesai, termasuk membuat laporan pertanggungjawaban pelaksanaan ANBK. Biasanya kepantian tersebut terdiri dari ketua Panitia, sekretaris, bendahara, proktor, teknisi, ketertiban dan konsumsi. Untuk pengawas ANBK tahun ini silang dari sekolah lain.
Persiapan ANBK
Pada pelaksanaan ANBK tahun ini sekolah mempersiapkan 2 Proktor dan 2 teknisi. Tugas Proktor biasanya membuka link penyelenggara pusat (Pusat Assessmen Nasional) yaitu di laman anbk.kemendikbud.go.id. Nama Proktor dan teknisi diantaranya; Proktor 1: Bpk. Dwi Ariyadi, S.T, MM. dan Teknisi 1: Bpk. Ahmad Fathoni, M.Pd. menangani 15 peserta ANBK diruang 1 (ruang lab komputer). Proktor 2: Bpk. M. Abd. Rahim, S.Pd.I, M.Pd., dan Teknisi 2: Bpk. Farid Agus Susilo, S.Pd. mendampingi 15 peserta ANBK diruang 2 (ruang kelas yang dipakai ANBK), dan ruang perpustakaan untuk menampung 5 peserta ANBK cadangan.
Pada pelaksanaan ANBK ini, sekolah memilih dua sesi walaupun dari pusat sampai tiga sesi. Sesi 1 dimulai pukul 07:30-09:30 WIB terdapat dua ruang, masing-masing ruang 1 dan ruang 2 berjumlah 15 peserta ANBK. Kemudian sesi 2 dimulai pukul 10:30-12:30 WIB, peserta ANBK berjumlah 15 peserta didik karena hanya satu ruang saja dan 5 peserta cadangan masih menunggu di perpustakaan.
Dokpri/ruang proktor/ruang server
Teknis Pelaksanaan ANBK
Kegiatan dua hari ini lancar dan sukses, karena beberapa hari jauh sebelum pelaksanaan gladi bersih panitia membuat group WhatsApp (WA), semua peserta ANBK utama maupun yang cadangan digabungkan dalam group tersebut. Selain itu, proktor sudah singkronisasi dan mendownload aplikasi ANBK, dan jaringan internet sudah dipersiapkan biar tidak terputus pada waktunya, walaupun sekolah memilih menggunakan semi online dalam ANBK ini.
Sebelum simulasi ANBK, Para proktor dan teknisi memasang kabel sumber listrik di ruang 2, memasang kabel LAN. Memilah dan memilih 16 laptop untuk ruang 2 yang support aplikasi clien ANBK sudah dipersiapkan. Jumlah 15 laptop untuk peserta utama dan 1 laptop cadangan untuk menghindari 1 laptop bermasalah bisa langsung menggunakan laptop lainnya.
Di ruang utama (ruang lab) ada 17 komputer yang sudah dicek, 15 komputer untuk peserta utama dan 2 komputer cadangan, ketika peserta ANBK mengerjakan soal ANBK komputer macet di tengah jalan, maka komputer cadangan bisa langsung digunakan. Dan bila ada komputer yang kurang siap, maka di install ulang oleh Bpk. Dwi Ariyadi, ST, MM. sebagai proktor utama. Juga komputer tersebut sudah dicek kabel LAN-nya. Sehingga dapat dikatakan dalam dua hari pelaksanaan ANBK tidak ada kendala jaringan, komputer atau laptop yang rusak.
Dokpri/ruang 2 ANBK
Selain itu peserta ANBK, diberi bekal dengan bimbingan belajar (bimbel) selama selesai gladi bersih ANBK sampai sebelum ANBK dilaksanakan. Peserta ANBK latihan soal literasi dan Numerasi bersama guru Bahasa Indonesia dan Guru Matematika. Bimbel ini diadakan agar peserta ANBK siap mental menghadapi soal-soal ANBK. Jadi peserta ANBK harus dipersiapkan secara matang dari simulasi ANBK, lanjut Gladi bersih ANBK, kemudian pelaksanaan ANBK. Mereka harus didampingi, dikawal sampai mereka mengerjakan soal ANBK dengan baik.
Dan pada dua hari pelaksanaan ANBK kemarin, mereka hadir siap mengikuti ANBK, begitu juga peserta cadangan. Jam 07:00 WIB mereka sudah datang di sekolah. Ada salah satu peserta utama ANBK tidak bisa mengikuti karena Ibunya meninggal dunia, maka ia diganti oleh peserta cadangan.
Kemudian dalam pelaksanaannya peserta ANBK login menggunakan username dan password yang tertera dikartu ANBK yang diberikan oleh panitia, kemudian mereka mengisi nama tanggal lahir dan terakhir token yang diberikan proktor atau teknisi baru mereka bisa mengerjakan soal ANBK. Saat mengerjakan soal ANBK, mereka melewati beberapa tahap soal. Soal latihan 10 menit, soal AKM (literasi membaca dan matematika) 90 menit dan terakhir mengisi survey lingkungan belajar diberikan waktu 30 menit. Untuk lebih jelasnya lihat prosedur pelaksanaan ANBK di bawah ini.
Prosedur Pelaksanaan ANBK
Sesuai laman anbk.kemendikbud.go.id dari pusat sudah memberikan arahan sebagai berikut:
1. Jalankan & login ke Proktor Browser. ID Proktor diaktifkan pada pukul 06.30 WAKTU SETEMPAT.
2. Masuk ke menu status tes.
3. Pilih Daftar Tes: UTMANBK22H1
4. Pilih Kelompok Sesuai Sesi-nya.
5. Tekan Rilis Token;
– Token Sesi 1 dibuka pukul 07.20 WAKTU SETEMPAT
– Token Sesi 2 dibuka pukul 10.20 WAKTU SETEMPAT.
– Token Sesi 3 dibuka pukul 14.10 WAKTU SETEMPAT.
6. Masuk ke Menu Kelompok Tes, pilih Assign All; untuk mengaktifkan peserta login tes.
Catatan :
a. Siswa akan mengerjakan 3 subtes:
– Subtes 1 adalah Latihan Soal (10 Menit),
– Subtes 2 adalah Literasi Membaca (90 Menit),
– Subtes 3 adalah Survei Karakter (30 Menit);
b. Antar subtes terdapat jeda waktu 1 menit ditandai dengan tombol MULAI berwarna BIRU;
c. Pastikan peserta kembali ke HALAMAN LOGIN untuk dapat keluar dari halaman tes;
Selanjutnya sekretaris membuat laporan pertanggungjawaban pelaksanaan ANBK, dilengkapi foto-foto yang dikirim oleh teknisi di WA Group ANBK TOKEN.
Sumber: 1
гѓ—гѓ¬гѓ‰гѓ‹гѓі гЃЇйЂљиІ©гЃ§гЃ®иіј – г‚ўгѓўг‚г‚·г‚·гѓЄгѓігЃ®йЈІгЃїж–№гЃЁеЉ№жћњ г‚ёг‚№гѓгѓћгѓѓг‚Ї – 500mg
eriacta unit – forzest lot forzest excitement
гѓ—гѓ¬гѓ‰гѓ‹гѓі гЃЇйЂљиІ©гЃ§гЃ®иіј – гѓ‰г‚シサイクリンの購入 г‚ўг‚гѓҐгѓ†г‚¤гѓійЊ 5 mg еј·гЃ•