LDKS OSIS SMK PGRI 1 SURABAYA
MASA KHIDMAH 2022-2023

Pelaksanaan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) OSIS SMK PGRI 1 Surabaya ini dilaksanakan pada Sabtu-Ahad, 08-09 September 2022 di Trawas Mojokerto. Sebelum mereka berangkat ada pembekalan dari Kepala SMK PGRI 1 Surabaya dan para Waka dan Staf Kesiswaan di halaman sekolah.  Pembekalan tersebut guna untuk persiapan matang dalam pelaksanaan LDKS dua hari ke depan agar berjalan sesuai harapan. Pada kegiatan ini Ibu Kepala SMK PGRI 1 Surabaya, menyematkan kalung identitas kepada beberapa peserta LDKS dan diakhriri dengan do’a yang dibacakan oleh Bpk. Dwi Ariyadi, ST, MM.

Setelah berdo’a selesai, staf kesiswaan membagikan cocard / kalung identitas kepada semua peserta LDKS. Dan mereka satu persatu menaiki 1 mobil Garnisun dan membawa barang bawaan khusus serta meembawa perlengkapan sesuai yang telah ditentukan oleh panitia. 

Sampai tujuan mereka ISHOMA, kemudian penyampaian materi. Materi pertama disampaikan oleh Ibu Yayuk, M.Pd. tentang Administrasi OSIS dan struktur organisasi OSIS. Peserta LDKS menyemak dengan seksama dan mencatat hal-hal penting yang disampaikan oleh Pemateri. Kegiatan bertujuan agar pengurus nanti tertib administrasi, tertib dalam hal surat-menyurat dll

Materi selanjutnya yaitu Pembuatan Proposal Kegiatan dalam hal ini disampaikan oleh Bpk. Drs. Utomo, MM. Sebelum penyampaian Pembuatan Proposal ini mereka diberi lembar materi, didiskusikan sesuai kelompoknya masing-masing, kemudian salah satu mereka maju ke depan untuk mempresentasikannya. Materi ini bertujuan agar pengurus OSIS nanti mampu membuat Proposal kegiatan sesuai ketentuan sekolah. Sebelum melaksanakan kegiatan-kegiatan OSIS diberbagai seksi/devisi, mereka harus membuat proposal kegiatn lebih dulu.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Bpk. Supriyadi, SS. yakni penyampain materi tentang Keorganisasian. Materi ini bertujuan agar peserta didik paham bahwa organisasi itu penting di dalam sekolah sebagai sarana untuk mengembangkan potensi diri. Tentunya di dalam pengorganisasian ada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. yang perlu didukung bersama dalam kegiatan apapun.

Malam telah menyatu pada mereka, para peserta tetap smangat mengikuti materi berikutnya yaitu Program Kerja dan Manajemen Kerja OSIS dalam hal ini disampaikan oleh Bpk. Kustiono, ST, MM. Materi ini dilanjutkan pembuatan program kerja sesuai kelompok sesuai devisi dan mereka didampingi oleh Bapak / Ibu Guru, untuk menentukan program OSIS selama pengurusan.

Hari kedua, diisi materi permainan dan outbond, dan puncak kegiatan LDKS ini diakhiri pemilihan ketua OSIS yang baru. Pagi yang cerah itu mereka senam bersama di halaman yang dipandu oleh Ibu Sutryani, S.Pd. Mereka sangat semangat, antusias dan ceria. Beberapa lagu dan musik mengiringi gerakan mereka, sampai mereka puas dan kelelahan.

Setelah senam, dilanjut materi outbond. Materi ini bertujuan untuk kekompakan dan kerjasama team. Perlu ada kesamaan tujuan bersama, perlu ada keseimbangan pendapat dalam menjalankan dan memecahkan suatu masalah yang ada dalam organisasi/maupun di masyarakat nanti. SELAMAT ATAS TERPILIHNYA SAUDARA MUHAMMAD AWALIZA AS-SHIDQI KELAS XI TBSM 1 SEBAGAI KETUA OSIS SMK PGRI 1 SURABAYA MASA KHIDMAH 2022-2023.