KEGIATAN MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS)
SMK PGRI 1 SURABAYA
TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Hari Pertama: Senin, 18 Juli 2022

SMK.., BISA…,

SKAGRISA.., PASTI BISA..,

JAWA TIMUR.., LUAR BISA…

Senin, 18 Juli 2022. Hari pertama pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMK PGRI 1 Surabaya. Kegiatan hari ini diawali dengan Upacara Bendera di halaman sekolah, Penyampaian Materi Wiyata Mandala di masing-masing ruangan, Penyampaian Materi Pelajar Pancasila, Bimbingan Konseling dan Literasi Digital di Aula dengan  Gugus (secara pergantian). 

Upacara Bendera di halaman sekolah dipimpin langsung oleh Ibu Kepala SMK PGRI 1 Surabaya sebagai Pembina upacara, dan dibantu oleh kakak OSIS SMK PGRI 1 Surabaya sebagai petugas Upacara. Ibu Kepala Sekolah menyampaikan beberapa hal kepada peserta upacara, “Hari ini waktunya bangun setelah dua tahun tidur karena kekerasan pendemi covid-19. Oleh karena itu untuk membangunkan kesungguhan untuk pergi ke sekolah harus ada niat yang kuat agar di SMK PGRI 1 Surabaya ini, kalian tidak putus di tengah jalan, agar kalian menjadi anak yang suskses di masa depannya bersama SMK PGRI 1 Surabaya.”

Upacara ini sekaligus pembukaan peresmian pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun pelajaran 2022-2023 yang dibuka resmi oleh Ibu Kepala Sekolah. Kegiatan ini juga dilengkapi penyerahan simbol atribut MPLS yang dikalungkan kepada perwakilan peserta MPLS oleh Ibu Kepala Sekolah. Bahwa anak-anak siap mengikuti kegiatan MPLS ini sampai tiga hari ke depan (Senin-Rabu, 18-20 Juli 2022).

Setelah upacara selesai peserta MPLS menuju tempat yang telah di atur oleh Panitia untuk mendapatkan materi MPLS. Sesuai jadwal kegiatan ini, gugus Sekering, Avometer, Bubut dan Frais bertempat di Aula untuk menerima Materi Pelajar Pancasila oleh Ibu Yayuk, M.Pd., Materi Bimbingan Konseling disampaikan oleh Ibu Ratnaningsih Sri Wulandari, SE., S.Pd., dan materi Literasi Digital oleh Ibu Ma’fufah Hastin, S.Sos. 

Sementara gugus Radiator bertempat di Ruang Bengkel Otomotif lantai 2 untuk menerima materi Wiyata Mandala oleh Bpk. Drs. Soebadi, MM. Gugus Gardan, di ruang 10 bersama Ibu Dra. Eko Murningsih, gugus Piston di ruang Bengkel Listrik lantai tiga bersama Bpk. M. Muqtadiru, S.Pd., gugus Busi di ruang 11 bersama Ibu Sulistyani, S.Pd., dan gugus Karburator di ruang 12 bersama Ibu Siti Chamidah, S.Pd., mereka semua menerima materi Wiyata Mandala. 

Pukul 10.00 s/d 10.15 peserta MPLS istirahat, mereka diabsensi oleh guru pendamping dan bisa makan dan minum yang diberikan oleh panitia. Pukul 10: 17 WIB kembali penyampaian materi secara pergantian, yang asalnya gugus Radiator, Gardan, Piston, Busi dan Karburator di ruang kelas pada sesi ini mereka menuju ke Aula untuk menerima materi Profil Pelajar Pancasila, BK, dan Literasi Digital. Sementara gugus yang semula di Aula bargantian ke ruang kelas untuk menerima materi WIyata Mandala dengan Pemateri yang sama. Gugus Sekering di ruang 1, Avometer di ruang 2, Bubut di ruang 3, dan gugus Frais bertempat di ruang 5, sampai pukul 12.00 WIB. Kemudian kegiatan MPLS hari pertama ini diakhiri dengan kegiatan salat Duhur berjamaah di Musholla maupun di Aula. (HIM)

Yang Belum Subscribe dan Follow Silahkan Klik di Bawah ini

Foto Kegiatan MPLS Hari Pertama

Hari Kedua: Selasa, 19 Juli 2022

Pada MPLS hari kedua ini kegiatannya adalah penyampaian materi Tata Krama dan Tata Tertib Sekolah, oleh para Penyaji.  Penjelasan Kurikulum SMK PGRI 1 Surabaya oleh Bapak Supriyadi, SS. Pengenalan Jurusan, oleh Kakomli Jurusan masing-masing. Pada sesi pertama gugus yang bertempat di Aula yaitu Gugus Radiator, Gardan, Piston, Busi dan Karburator.  Sedangkan gugus Sekerering, Avometer, Bubut, dan Frasi dari pukul 08:00-10:00 berada di kelas. Kemudain untuk sesi kedua dimulai pukul 10.15-12.00, bergatian tempat.

Hari Ketiga: Rabu, 20 Juli 2022

Pada hari MPLS yang ketiga ini materi yang menarik, dari pemateri yang hebat yaitu dari Anggota TNI, pagi ini dari pukul 07:00 s/d 09;00 membawakan materi Pembinaan Mental (BINTAL) di halaman sekolah. Anak-anak peserta didik baru sangat antusias, dan semangat mengikutinya.

Materi yang disampaikan diantaranya adalah agar peserta didik baru menjaga nama baik sekolah, dengan cara mentaati peraturan-peraturan yang ada di sekolah. Dikisahkan dari pemateri Bahwa beliau umur tiga tahun ditinggal oleh oarantuanya karena meninggal, tapi beliau bisa sukses sampai sekarang berkat mentaatati peraturan yang ada. Beliau juga berpesan pada peserta didik bari jangan mencemari nama baik sekolah dengan kebiasaaan-kebiasaan yang tidak baik. Seperti merokok, bergaul dengan teman yang tidak baik. Diluar sana banyak godaaan, jangan sampai kita mengikutinya, seperti meminum-minuman keras, atau pergaulan bebas yang akhirnya ada perzinahan.

Selamat pagi…

Pagi, pagi, pagi, pagi, luar biasa

Siapa kita….

Pgri1…

—–

Pgri 1

Prak, prak, prak, prak, prak

itulah beberapa kalimat antik pada MPLS hari ketiga ini, yang membuat susana semangat, meriah, dan hidup.

Vidio/Foto Kegiatan MPLS Hari Ketiga

Selanjutnya materi sesi 2, pemaparan dari Polsek Wonocolo dalam hal ini disampaikan oleh Bapak Dimash dan Bapak Aiptu Sutrisno. Materi yang disampaikan oleh Bapak Dimash yaitu mengenai Kenakalan Remaja, beliau berpesan kepada peserta didik baru tidak boleh berkelahi, tidak boleh usil sesama teman, bully teman, merokok di sekolah. Maka kalau dilakukan akan ada tindakan hukum dari Indonesia, dan untuk menghindari kenalan yaitu melaksanakan perintah dan menjauhi larangan agama dengan sempurna.

Materi selanjutnya tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkoba, dalam hal ini disampaikan oleh Bapak Aiptu Suristo Bhabinkamtibmas Polsek Kelurahan Jemurwonosari Kecamatan Wonocolo. Beliau berpesan “Jangan pernah mendekati, apalagi mencoba Narkoba”. Karena disamping membahayakan diri sendiri juga akan mengakibatkan kematian karena over dosis.

Penutupan Kegiatan MPLS 2022-2023

Selesai sudah acara demi acara dengan baik, sehingga acara MPLS 2022-2023 ini ditutup oleh Wakil Kepala Sekolah urusan Humas, Bapak Kustiono, ST., M.M. Penutupan ini diresmikan oleh beliau dengan menyerahkan simbol penerimaan siswa baru SMK PGRI 1 Surabaya kepada perwakilan setiap gugus. dengan dikalungkannya amanah tersebut maka mereka semua sudah resmi menjadi peserta didik SMK PGRI 1 Surabaya. Akhir kata kami segenap Panitia MPLS 2022-2023 dan seluruh Civitas, Keluarga Besar SMK PGRI 1 Surabaya mengucapkan “Selamat bergabung menjadi peserta didik SMK PGRI 1 Surabaya, semoga kita semua diberi kesehatan dan kesuksesan oleh Allah SWT. AMIN.